Tips Sehat Saat Main Sosial Media

Tips Sehat Saat Main Sosial Media

Perkembangan teknologi di tahun 2020 ini sangatlah cepat dan tidak terbatas. Kini semua orang bisa melakukan apapun yang mereka suka seperti berkomunikasi dengan sangat mudah dan praktis dengan semua orang di seluruh dunia, mengetahui semua info apa saja yang sedang terupdate dan trending saat ini, dan masih banyak lagi.

Namun terkadang sosial media bisa membuat seseorang memiliki dampak buruk pada dirinya sendiri baik itu secara kesehatan maupun mental, maka jangan heran banyak orang sekarang yang suka stress dan depresi pada dirinya sendiri akibat bermain sosial media yang dirasa kecanduan dan nggak sehat.

Oleh karena itu sesuai judul artikel ini, gua akan memberikan tips kepada kalian bagaimana sih caranya main sosial media dengan sehat dan aman, tips ini juga selalu gua pake saat main sosial media, dan mungkin cara ini sebagian tidak berlaku oleh semua orang, tetapi apa salahnya kalo nggak lo coba.

Whatsapp

1.Kalo lo tipe orang yang suka privasi, dan hanya membagikan story/status whatsapp lo kepada orang tertentu, cobalah sekali-sekali lo mengupdate status dan mengubah setelan privasi ke semua kontak. Cara ini bisa lo lakukan untuk mengetahui orang yang menyimpan nomor lo bisa tahu kalau lo juga menyimpan nomor mereka.

2.Jangan terlalu sering-sering ikut-ikutan membuat status yang sedang trending saat itu, atau membuat status yang membuat kontroversial yang menyebabkan banyak cibiran dari orang. Cobalah untuk membuat status yang dirasa menghibur banyak orang, entah itu meme, kata-kata lucu, video lucu, dan masih banyak lagi.

3.Kalo lo sedang menelepon seseorang sampai tiga kali namun gak diangkat, padahal orang yang lo telefon sedang online saat itu. Lo bisa tinggalkan pesan buat orang yang lo telepon karena menelepon seseorang lebih dari tiga kali sangat kurang sopan, bisa saja orang tersebut sedang chattingan dengan seseorang, sibuk dengan pekerjaannya, atau yang lain-lain.

4.Jika ingin keluar dari grup Whatsapp, ada baiknya lo coba memberikan izin atau mengirim pesan kepada semua peserta alasan lo keluar dari grup tersebut, cara ini bisa lo lakukan untuk menghindari prasangka buruk orang tentang diri lo.

5.Jika lo menemukan status sedih dari teman lo dan dia secara tiba-tiba keluar dari grup, jangan sungkan-sungkan untuk chat pribadi ke temen lo dan menanyakan keadaan temen lo saat ini. Meskipun lo tidak bisa menyelesaikan masalah dia, seenggaknya lo udah membantu mendengarkan cerita keluh kesah dia dan cara ini bisa membuat seseorang menjadi sedikit tenang.

Instagram

1.Jangan terlalu sering mengupdate post atau story tentang keseharian lo, tentang diri lo secara terus menerus, karena itu bisa melanggar hak privasi diri lo dan tidak usah diposting-posting untuk diliat orang lain.

2.Jangan bekomentar di akun seseorang yang nggak lo sukai atau suka saling menyindir satu sama lain.

3.Atur waktu reminder akun Instagram lo supaya diri lo nggak kecanduan dan bisa lakuin hal yang bermanfaat.

4. Jika lo merasa nggak enak hati buat mengunfollow akun temen lo gunakan fitur restrict dan mute.

5.Privasi akun Instagram lo, dan terima request followers dari orang yang lo kenal saja.

Facebook

1.Ikuti fanspage dan grup yang bermanfaat menurut lo dan cara ini bisa menambah wawasan lo.

2.Jangan terlalu buat status tentang diri lo dan mengumbar diri lo karena itu hak privasi lo sebagai pengguna Facebook

3.Jangan mudah percaya berita-berita yang isi dan judulnya clickbait, bisa aja berita yang lo baca itu berita hoax dan sekali lagi cek informasi tersebut di website lain.

4.Jangan tergiur dan percaya barang murah yang dijual di Marketplace Facebook, karena banyak sekali orang yang hanya iseng memasarkan iklan, dan juga hati-hati ketika transaksi di Marketplace Facebook karena banyak kasus penipuan.

5.Kalo lo bosen dengan Facebook cobalah untuk membuka fitur video di Facebook, biasanya disana banyak banget video yang cukup membuat lo terhibur seperti video anime, video lucu, video motivasi, dan masih banyak lagi.

Youtube

1.Jika lo menemukan channel baru yang dirasa isi videonya cukup bermanfaat dan bisa menghibur lo, jangan sungkan-sungkan untuk subscribe channel itu, dan kalo ada iklan di video tersebut usahakan tidak mengskip 1 iklan tersebut.

2.Berkomentarlah dengan baik. Jika lo merasa video yang dipublish konten kreator kurang begitu bagus, cobalah untuk membuat saran dan kritik bukan menghina konten kreator tersebut.

3.Kalo lo merasa video trending di negara Indonesia nggak begitu bagus, lo bisa mengubah settingan negara di akun Youtube lo. Jika nggak mau yah tidak perlu pergi ke tombol Trending.

4.Jika kuota internet lo sedikit, lo bisa mengatur kualitas di semua video menjadi 360p karena resolusi ini menurut gua sudah cukup enak kalo perlu bisa di setting di resolusi 240p.

5.Atur set reminder Youtube biar lo nggak kecanduan buka Youtube.

Twitter

1.Abaikan trending di Twitter yang nggak bermanfaat dan berbau negatif, tidak perlu ikut-ikutan meng-tweet karena secara tidak langsung lo ikut mem-viralkan trending nggak bermanfaat tersebut.

2.Aktifkan fitur penyanding Trending sesuai dengan personalization lo. Cara ini bisa membuat lo memilih dan menampilakan Trending yang ingin lo tampilkan di akun lo.

Itulah tips dari gua bagaimana caranya main sosial media yang aman dan sehat tips ini tentunya hanya digunakan untuk media sosial yang saat ini gua gunakan, jadi kalau lo misalkan ada tips di beberapa platform sosial media lain lo bisa komen dibawah, dan nanti artikel ini akan gua update. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga bisa bermanfaat.

#Giery #tips #mainsosialmedia

Mau Dapat Uang? Tulis artikel dan dapatkan penghasilan tambahan dari setiap artikel yang kamu tulis

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f