Apa Yang Membedakan Motherboard Murah dan Mahal?

Apa Yang Membedakan Motherboard Murah dan Mahal?

Hay, ketika lo mau membangun/merakit sebuah PC tentunya ada beberapa komponen yang harus lo pilih dan pertimbangkan harga dari komponen tersebut, dan tentunya sesuai dengan komponen PC yang lo mau. Salah satunya adalah Motherboard.

Motherboard adalah sebuah komponen yang memiliki peran yang sangat penting, karena dengan adanya Motherboard ini lo bisa memasang komponen yang lain seperti Prosesor, RAM, Graphic Card, SSD/HDD, dan masih banyak lagi. Selain itu diluaran toko offline dan toko online banyak banget Motherboard yang tersedia disana, dan masing-masing memiliki harga yang berbeda, ada yang harganya sekitar 500 ribuan bahkan ada yang sampai 5 juta.

Oleh karena itu lo jangan sampai bingung dalam memilih Motherboard, dan disini gua akan memberikan informasi ke lo semua, apa sih bedanya Motherboard yang harganya murah dengan yang harganya mahal.

Motherboard murah

Gua mulai dulu dari Motherboard murah, Motherboard murah memiliki desain yang menurut gua biasa saja dan juga terkadang tersedia beberapa versi yaitu ITX, Micro ITX, dan Mini ITX. Motherboard murah memiliki I/O Port yang menurut gua sangat sedikit misalnya saja hanya memiliki 4 USB Port 3.0, Port VGA, dan memiliki Port yang menurut gua udah sangat jadul dan I/O tersebut sudah sangat ketinggalan jaman. Selain itu memiliki Port Graphic Card yang cukup jadul misalnya saja hanya support PCIe 3.0, dan tidak memiliki slot PCI untuk SSD. Lo juga nggak akan leluasa untuk mengganti Prosesor ke gen terbaru, karena Motherboard murah biasanya tidak memberikan fitur upgrade Prosesor yang terbaru.

Motherboard murah juga biasanya hanya support di Speed RAM yang menurut gua pas-pasan misalnya saja Speed nya maksimal 2400MHz. Jadi ketika lo ingin membeli RAM yang speed nya diatas 2400MHz, tentunya nggak bakalan bisa memaksimalkan peforma dari RAM tersebut.

Motherboard murah juga memiliki durability yang menurut gua udah cukup pas-pasan karena ketika lo ingin membongkar dan membersihkan Motherboard lo, lo harus berhati-hati karena bisa saja ada salah satu komponen tersebut yang rusak entah karena kesenggol atau nggak sengaja dan gua rasa nggak bakal bisa dalam jangka pemakaian yang cukup lama.

Motherboard mahal

Motherboard mahal tentunya memberikan pengalaman yang cukup oke, dan harganya juga cukup oke. Motherboard mahal memiliki desain yang menurut gua cukup futuristik dan juga tersedia di beberapa varian yaitu ITX, Micro ITX, Mini ITX. Motherboard mahal memiliki fitur I/O yang sangat dan teknologi yang terbaru misalnya saja 6 Port USB 3.1, Type C, dan masih banyak lagi.

Motherboard mahal memiliki upgrade yang jauh lebih leluasa, lo bisa mengupgrade Prosesor dengan Prosesor versi terbaru, tanpa harus membeli Motherboard yang baru.

Motherboard mahal juga menyediakan beberapa slot untuk komponen yang lebih lengkap misalnya slot NVME, PCIe 4.0, slot RGB, dan masih banyak lagi. Selain itu slot RAM yang ditawarkan jauh lebih kencang misalnya saja maksimal 3200MHz, dan ketika lo merasa Speed segitu masih kurang Motherboard mahal juga tentunya memberikan fitur Overclock pada RAM maupun juga pada Prosesor.

Motherboard mahal memiliki durability yang sangat kuat, tentunya juga bakal awet ketika lo ingin menggunakan di jangka pemakaian yang sangat lama.

Apakah Motherboard mahal harus dibeli ?

Jawaban nya tentu Tidak, karena ketika lo ingin membeli Motherboard, lo harus menyesuaikan kebutuhan lo, Ketika lo ingin menggunakan PC untuk penggunaan yang sangat berat, membutuhkan Overlocking, dan fitur-fitur yang gua sebutkan tadi di Motherboard mahal, tentunya lo harus membeli Motherboard mahal, akan tetapi jika hanya untuk sekedar penggunaan yang cukup ringan, Motherboard murah udah lebih dari cukup menurut gua.

itulah dia perbedaan dari Motherboard mahal dengan Motherboard yang murah, dan semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu lo agar nggak bingung lagi ketika mau membeli Motherboard.

#Motherboard #murah #mahal #komputer

.

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f