Cara Bedain Teknisi PC Palsu dan Asli

Cara Bedain Teknisi PC Palsu dan Asli

Hay. Memiliki komputer yang sering bermasalah, sering kali membuat kita jengkel bukan, misalkan seperti komputer nggak mau menyala, layar komputer tidak tampil ke monitor, komputer yang hanya mentok di BIOS, dan masih banyak lagi. Apalagi jika lo sendiri sebenarnya nggak begitu mengerti komputer dan hanya sekedar memakai saja untuk kebutuhan pekerjaan, dan mau nggak mau lo harus pergi ke teknisi komputer buat memperbaikinya.

Diluaran sana banyak banget teknisi komputer, ada yang bisa dikatakan bagus dan jujur namun ada juga yang sangat licik dan memiliki sifat yang memeras konsumen. Dengan kata lain biasanya teknisi ini cuma ingin mendapatkan uang dari konsumen tanpa memperdulikan reputasi tokonya. Bahkan gue pernah iat di Facebook ada salah satu orang yang part PC nya diganti dengan yang jelek tanpa sepengatahuan dari pelanggannya

Gue sendiri sebenarnya pernah mengalami service komputer di tempat yang teknisinya abal-abal alias palsu, yaitu ketika gue membetulkan laptop yang terkena virus dan laptop gue malah di Install ulang tanpa mengkonfirmasi ke gue dulu dan malah memakan biaya yang cukup mahal pula, padahal kan kalo sekedar Install ulang biasa aja, gue sendiri juga bisa ngerjain sendiri. Padahal yang gue mau adalah menghapus virus tersebut dan membuat laptop gue kembali normal tanpa mengorbankan data-data di laptop tersebut.

Oleh karena itu gue akan memberi tahu lo semua, gimana sih cara bedain teknisi komputer palsu dengan yang asli.

Teknisi Palsu

1.Tidak cantumin harga

banyak banget teknisi komputer yang nggak pernah memasang harga, biasanya mereka beralasan akan mencoba melihat apa kerusakan dari komputer tersebut dan menyuruh lo buat dateng besoknya atau 3 hari. Biasanya mereka bakalan berusaha memperbaiki komputer lo, setelah itu mereka akan mengetok harga yang nggak masuk akal, misalkan biaya bongkar, biaya pasang komponen, biaya apapun itu yang nggak masuk akal.

2.Main asal bongkar

gue sering banget lihat teknisi yang asal bongkar tanpa peduli dengan komponen yang PC atau Laptop yang gampang rusak, mereka hanya memikirkan, yang penting selesai.

3.Main ganti-ganti aja

Ini yang pernah gue alami, biasanya tuh mereka bakalan langsung mengganti semua yang ada PC lo, misalkan lo memiliki PC yang HDD nya rusak, namun mereka tetep bandel buat ganti HDD nya.

4.Komponen ditukar

Ini yang lebih parah, banyak banget kejadian yang gue temuin di forum bahwa spesifikasi PC mereka entah kenapa berubah setelah service di salah satu Teknisi. Tak jarang juga mereka mengganti SSD ke HDD ataupun mereka mengganti prosesor kalian dengan yang jadul.

5.PC atau Laptop lo sengaja dibuat untuk rusak

Banyak Teknisi PC abal-abal yang sengaja melakukan ini, mereka bakal sengaja membetulkan PC lo seminimal mungkin agar cepat rusak, agar nanti nya lo bakalan terus dateng dan berlangganan service PC atau Laptop disana.

Teknisi Asli

1.Sebisa mungkin menyelesaikan nya di tempat

Teknisi asli tentunya bakal berusaha membetulkan PC atau Laptop lo di tempatnya, dan menunjukan ke lo bagaimana proses dari sevice tersebut. Bahkan ada juga yang kadang mereka sebisa mungkin menyuruh lo untuk tetap di tempat dan nggak meninggalkan proses service nya.

2.Pasang harga yang nggak murah dan nggak mahal

Harga yang dipasang tentunya nggak murah dan juga nggak mahal, biasanya mereka juga menawarkan harga yang bisa dikatakan transparan dan diketahui oleh pelanggann. Tetapi biasanya ada juga yang membicarakan soal harga ditempat setelah pengerjaan sudah selesai.

3.Izin dulu kalo mau bongkar

Teknisi asli bakalan langsung minta izin ke pemilik PC atau laptopnya untuk membongkar dalamannya, bahkan mereka juga terkadang memperlakukan khusus misalnya saja bautnya dipisahin agar nggak ada yang hilang, dan juga memisahkan part-part khusus agar tidak hilang juga.

4.Peralatan lengkap

Teknisi asli bakal menyiapkan semua peralatan yang sangat lengkap untuk membetulkan PC atau Laptop lo misalnya seperti obeng, thermal paste, solderan, multimeter, dan masih banyak lagi.

5.Kasih garansi

Bahkan juga banyak Teknisi yang memberikan garansi yang cukup panjang buat pelanggan nya, kalau sewaktu-waktu PC atau Laptop mereka rusak kembali.

Itulah dia cara membedakan Teknisi PC atau Laptop asli dengan yang palsu, jadi lo jangan sembarangan membawa PC atau Laptop lo yang rusak ke sembarangan tempat, dan selalu berhati-hati agar kedepannya nggak terjadi hal-hal yang lo nggak inginkan.

Makasih juga udah yang mau membaca tulisan gue, dan semoga tulisan gue bisa menambah wawasan lo dan bisa menjadi bermanfaat buat lo.

#teknisi #komputer #teknisiaslidanpalsu

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f