Pentingnya Belajar Fiqh Untuk Memahami Islam

Pentingnya Belajar Fiqh Untuk Memahami Islam



Ilmu Fiqh merupakan salah satu cabang ilmu agama Islam yang cukup populer di kalangan umat Islam.Kata fiqh secara harfiah berarti memahami,mengerti akan sesuatu.Fiqh secara istilah adalah mengetahui hukum-hukun syara' yang berhubungan dengan amalan praktis,yang digali dari dalil-dalil yang terperinci.

Ilmu fiqh meliputi ibadah,munakahah,muamalah dan jinayat.Ilmu fiqh penting diketahui dan dipelajari dalam memahami Islam.Mempelajari dan menguasai disiplin ilmu fiqh,maka ajaran agama Islam bisa dipahami dengan benar.Pada dasarnya fiqh yang menjelaskan tentang hukum-hukum terkait ibadah dan muamalah

Menguasai Ilmu Fiqh

Di ketahui memahami ajaran Islam, seseorang harus menguasai ilmu fiqh.Lewat cara ini,Ia dapat mengetahui apa yang harus dan tidak dilakukan,apa sebaiknya diutamakan dan ditinggal.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut,akan membimbing segala tindakannya kemudian seseorang akan meraih kebaikan dan terhindar dari hal-hal buruk.

Menguasai ilmu fiqh salah satu cara untuk meningkatkan ilmu agamanya dan imannya kepada Allah SWT.Hakikat fiqh dalam kitab Bughayatul Mursytarsyidin adalah sesuatu yang terletak dalam hati. Fiqh memberi banyak manfaat terhadap pengetahuan.

Ilmu Fiqh Alat Penting Memahami Ajaran Islam

Memahami ajaran Islam tidak hanya berpegang kepada Al-Quran dan Sunnah saja.Ada yang menyebut bila hanya Al-Quran dan Sunnah sebagai sumber hukum akan terjadi penyelewangan terhadap makna yang ada di dalamnya.Oleh karena itu,ilmu fiqh penting juga dijadikan sebagai alat,untuk memahami ajaran Islam.

Memaknai Ayat-ayat Hukum dalam Al-Quran 

Belajar ilmu fiqh yang sederhana dan bijak yaitu memaknai ayat-ayat hukum yang terdapat dalam Al-Quran maupun Hadis.Dalam Al-Quran banyak dijumpai ayat-ayat yang menjelaskan tentang hukum.

Salah satu ayat-ayat hukum yang ada dalam Al-Quran, surat Al-Maidah ayat 38 : "Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri,potonglah tangan keduanya,sebagai pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan,dan sebagai siksaan dari Allah dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

Ayat di atas salah satu contoh yang berkaitan dengan ilmu fiqh.Dari penjelasan ayat tersebut muncullah pertanyaan.Benarkah semua pencuri harus dipotong tangannya?.Apakah semua orang yang berzina harus dirajam?.

Ayat di atas dijadikan dasar hanya dzahirnya ayatnya saja,atau dalam artian diterjemah secara rasional sekilas penjelasannya seperti itu.Namun,dalam menerjemahkan ayat tersebut perlu bantuan disiplin ilmu yang lainnya.

Salah satu ilmu yang bisa membantu menjelaskan 

tafsir ayat Al-Quran yaitu:ilmu fiqh.Metode tafsir diperlukan supaya arti ayat itu mudah dipahami oleh umat Islam.Ilmu fiqh sangat dibutuhkan dalam memahami suatu ayat atau dalil.Tanpa dilengkapi seperti ilmu fiqh disebut bertentangan dengan hukum Islam itu sendiri

Menghindari Riya

Ilmu figh penting dipelajari dan dari inilah setiap muslim mengerti kewajibannya sebagai seorang muslim.Ulama dalam hal ini salah satu dari para ahli ibadah.Ia mengetahui syariat hukum dan fiqh wajib menyampaikan ilmunya kepada umat.

Terkadang dijumpai seseorang yang ahli fiqh hanya mengetahui teori dan praktik tanpa menghayatinya.Atau dengan kata lain ilmu fiqh yang mencakup rangkaian ibadah hanya akan diamalkan,karena rasa takut atau rasa riya ketika menjalaninya.Mereka khawatir melakukan kesalahan ketika harus menafsirkannya secara langsung.

Hal ini sering terjadi,akibat sikap ulama terutama ulama Nahdatul Ulama atau NU, dalam memahami fiqh merujuk pendapat para ahli agama terdahulu. yang dimuat dalam kitab-kitab karangan mereka.Kitab-kitab klasik atau dikenal kitab kuning

Para ahli agama terdahulu dianggap memiliki tingkat keilmuan lebih tinggi, 

sehingga pendapat mereka didahulukan.Kitab-kitab klasik atau dikenal kitab kuning.

Sebagian orang mengetahui banyak hukum dalam fiqh dan tidak mengamalkannya,karena Ia takut yang dilakukannya tanpa menghayatinya membuat Ia merasa akan sia-sia ,ada unsur riya di dalamnya.

Ketika seseorang masuk sebuah lingkaran setan,menjadikan selalu menunda melakukan amal baik,karena takut dianggap munafik,sampai hayatnya Ia tidak akan berbuat baik.

Ilmu pengetahuan fiqh penting dipelajari dan dipahami.Mempelajari Ilmu fiqh dengan baik dan bijak dalam kehidupan sehari-hari perlu mendapat perhatian.

Pengetahuan fiqh menjadi pedoman umat Islam dalam beramal baik.Menata hati dalam beramal juga dibutuhkan,karena cara ini bisa jadi munculnya keberanian disetiap amal yang dikerjakannya.



Mau Dapat Uang? Tulis artikel dan dapatkan penghasilan tambahan dari setiap artikel yang kamu tulis

Komentar (1)

Kang Tekno

Kang Tekno · Aug 20, 2020

Terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi artikel saya juga, saya juga mau minta izin share ini artikel

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f