Filosofi Lagu Lihat Kebunku Ciptaan Ibu Sud

Filosofi Lagu Lihat Kebunku Ciptaan Ibu Sud

Kalian pasti tau lagu tersebut, lagu ciptaan ibu Sud. Yang biasanya dinyanyikan saat kita masih kecil. Dan menceritakan tentang keadaan sebuah kebun atau taman milik kita sendiri, yang sangat indah penuh dengan berbagai macam bunga. Namun menurut saya, lagu ini memiliki makna filosofis yang mendalam mengenai kehidupan. Lebih utamanya mengenai kebahagiaan sejati.

Mari kita ulik makna filosofis lagu "Lihat Kebunku" bait demi bait.

LIHAT KEBUNKU PENUH DENGAN BUNGA

-Bermakna dalam kehidupan pribadi setiap manusia pasti akan penuh dengan beragam kejadian atau peristiwa yang telah, sedang dan akan alami. Sejak masih kecil, saat ini, hingga tua nanti.

ADA YANG PUTIH DAN ADA YANG MERAH

-Bermakna setiap kejadian yang beraneka ragam tersebut, secara garis besar dibagi 2 yaitu kejadian yang dianggap baik dan kejadian yang dianggap buruk. Dalam dunia spiritual disebut sebagai dualitas, ada juga yang menyebutnya Yin dan Yang. Kedua hal ini tidak bisa dipisahkan dan sebenarnya saling melengkapi.

SETIAP HARI KUSIRAM SEMUA

-Bermakna dualitas kejadian tersebut harus kita perlakukan sama, yaitu menerimanya. Jangan hanya menerima hal-hal yang dianggap baik seperti kesenangan, keberhasilan, kemudahan, dan sebagainya. Kita juga harus menerima hal-hal yang dianggap buruk seperti kesusahan, kegagalan, kesulitan semuanya harus diterima apa adanya.

MAWAR MELATI SEMUANYA INDAH

-Bermakna bahwa sebenarnya semua kejadian tersebut pada dasarnya memiliki hikmah yang sama baiknya. Yang saling melengkapi, mengisi dan menyempurnakan.

Sebutlah saat ini mungkin kamu gagal melamar sebuah pekerjaan dan menganggap itu hal yang buruk. Jika kamu tidak mau menerimanya, maka kamu takan bisa mengambil hikmahnya. Kamu tidak introspeksi diri dan mungkin akan mengulangi kegagalan yang sama dikesempatan kedua.

Namun jika kamu mau menerimanya dan mengambil pelajaran dari kegagalan tersebut, besar kemungkinan kamu akan berhasil dikesempatan kedua. Dan bukankah keberhasilan tersebut akan lebih manis setelah kamu mengalami kegagalan terlebih dahulu.?

Seperti ketika kamu menahan lapar beberapa jam sebelum makan, bukankah itu penderitaan? Kemudian pada akhirnya kamu bisa makan, bukankah itu sebuah kenikmatan? Lebih nikmat mana makan dalam keadaan lapar dan makan dalam keadaan masih sedikit kenyang?

Kebahagiaan sejati adalah ketika kamu mampu melampaui Dualitas tersebut, melampaui susah dan senang karena keduanya semu. Tak ada orang yang senang selamanya, tak ada orang yang sudah selamanya. Saat kamu beli hp baru mungkin kamu akan merasa senang namun beberapa bulan kemudian mungkin kamu akan bosan dan akan mulai menemukan kesusahan dari hp baru kamu. Mulai lemot, memory penuh, dan sebagainya. Kebahagiaan sejati melampaui itu, mau hp kamu baru atau lama kamu memperlakukannya sama.

Kebahagiaan sejati bukan diukur dari berapa banyaknya materi yang dimiliki

.

Beberapa orang ada yang sudah memiliki harta berlimpah namun tetap masih merasa tidak bahagia, mereka mungkin senang saat mengumpulkan hartanya. Namun setelah beberapa tahun memilikinya mereka takut akan ada yang mengambilnya dari mereka.

#motivasi #indonesia #lagu

Komentar (1)

Aditya Januardi

Aditya Januardi · Sep 3, 2020

Lagu-lagu jaman old entah itu lagu anak² ato lagu biasa punya berbagai makna yg mendalam dari beragam persepsi orang ya bang.Btw follbacknya bang! :)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f