Saran untuk diikuti

Trending

#official 2 Artikel
#konservatif 1 Artikel
#platform 1 Artikel
#ResidentEvil 1 Artikel
#moderat 1 Artikel
#cerita 1 Artikel
#Blog 1 Artikel
#Barang 1 Artikel
#seo 1 Artikel
#tokoonline 1 Artikel
Hot Ketika B.J Habibie Memimpin Indonesia

Ketika B.J Habibie Memimpin Indonesia

Bacharuddin Jusuf Habibie, adalah orang nomor 1 di Indonesia setelah kejatuhan orde baru. Kemarin aku sudah ngebahas Soeharto, dan kini aku

Ini Dia Manfaat Daun Kunyit Yang Banyak Orang Tak Tahu.

Clover first
Clover first @adiis52318 | Jan 23, 2021

Sumber foto : istockphoto

Kunyit atau kunir merujuk pada tanaman dengan nama latin Curcuma longa yang termasuk kedalam tanaman rempah-rempah herbal asal dari Asia Tenggara. Pemanfaatan tanaman kunyit umumnya hanya pada akar rimpangnya saja, hal itu dikarenakan khasiat dari tanaman satu ini terkandung diakarnya yang berwarna kuning. 

Akan tetapi tahukah kamu bahwa bagian daun dari tanaman kunyit juga memiliki khasiat yang tak kalah loh, walaupun penggunaan daun kunyit tidak sepopuler dari akarnya namun daunya masih sering manfaatkan.

Untuk daunnya sendiri diketahui mengandung beberapa senyawa seperti saponin, flavonoid, curcumin serta kemampuan dalam bersifat sifat anti-inflamasi, anti-radang, anti-bakteri serta anti-virus. Untuk itu sinak dibawah ini beberapa manfaat daun kunyit dari segi kandugan dan keggunaanya.

1.Daun Kunyit Digunakan Sebagai Pembungkus Dan Bumbu Masakan.

Salah satu kegunaan yang pertama daun kunyit ialah di pakai sebagai pembukus makanan dan bumbu pengharum pada masakan. 

Daunya yang cukup lebar serimg kali digunakan untuk membungkus ikan panggang, pepes dan masakan tradisional Indonesia lainya, menggunakan daun kunyit diklaim menciptakan aroma dan rasa yang berbeda.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Manfaat daun kunyit selanjutnya mampu menjaga daya tahan tubuh secara alami. Sama seperti akarnya yang banyak memberi khasiat untuk kesehatan sehingga bukan tidak mungkin daunya juga akan memberi pengaruh yang baik ke tubuh.

Daun kunyit mengandung senyawa yang bersifat antioksidan yang berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah serangan penyakit serta berfungsi dalam memperbaiki jaringan sel tubuh yang telah rusak. Walau khasiatnya tidak seampuh akarnya namun tetap saja kamu akan mendapatkan khasiat jika menggunakannya.

3. Diklaim Mencegah Diabetes.

Daun kunyit mempunyai keefektivitasan dalam menurunkan kadar glukosa dalam darah secara berkala.

Namun sayangnya manfaat satu ini belum dipastikan secara langsung, khasiatnya didasari akan kandungan senyawa antioksidan di dalamnya, sehingga hal ini masih diperlukan penelitian lebih terutama dampaknya pada tubuh manusia.

4. Obat Alternatif Untuk luka.

Kegunaan daun kunyit untuk mengobati luka dikarenakan adanya senyawa yang mampu bersifat anti-bakteri yang berguna dalam mencegah terjadinya infeksi pada kulit. Beberapa luka kecil seperti halnya luka lecet, memar dan luka tertusuk paku bisa kamu obati dengan daun kunyit sebagai cara alami.

Cara menggunakanya ambil beberapa lembar daun kunyit muda kemudian remas hingga halus lalu usapkan pada area kulit yang terluka.

5. Daun Kunyit Mampu Mengencerkan Darah.

Daun kunyit dapat bekhasiat dalam mengencerkan darah dalam tubuh, manfaat yang sama yang akan kamu dapatkan apabila mengkonsumsi bagian akarnya.

Tentu saja hal ini akan sangat berguna dalam mencegah terjadinya penggumpalan sel darah merah, mencegah penyempitan pembuluh darah serta mencegah penyakit berbahaya seperti ganguan jantung, hipertensi serta stroke.

Akan tetapi penggunaan daun kunyit yang tak segampang dalam menggunakan akarnya sehingga kebanyakan orang lebih memilih menggunakan akarnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terlebih lagi khasiat dari daun kunyit juga dikatakan kalah dari akarnya.

Nah itulah beberapa khasiat dari daun kunyit serta kegunaanya yang harus kamu ketahui.

Artikel Pilihan

Hot Kebijakan Monetisasi dan Konten

Kebijakan Monetisasi dan Konten

Ini adalah kebijakan tentang monetisasi dan konten di Mixnot, dokumen ini merupakan bagian dokumen syarat dan ketentuan.Berikut poin-poin ke