Monetisasi Artikel? Dapatkan penghasilan dari setiap artikel yang kamu tulis di Mixnot.com

Twitter, Zoom, 10 Perusahaan Teknologi Ditambahkan oleh Indonesia ke Daftar Bisnis yang Harus Membayar PPN 10 Persen

Twitter, Zoom, 10 Perusahaan Teknologi Ditambahkan oleh Indonesia ke Daftar Bisnis yang Harus Membayar PPN 10 Persen

Indonesia pada Selasa menambahkan 12 perusahaan lagi, termasuk perusahaan media sosial Twitter dan situs konferensi video Zoom, ke dalam daftar bisnis berbasis internet yang harus membayar pajak pertambahan nilai 10 persen atas penjualan.

Pada bulan Juli, Indonesia telah mengumumkan bahwa Alphabet's Google Asia Pacific, Netflix dan Facebook di antara perusahaan teknologi lainnya akan dikenakan PPN.

Pemerintah secara global berupaya memastikan bahwa raksasa teknologi berbasis internet membayar bagian pajak mereka secara adil. Pergerakan Indonesia terjadi di tengah pergeseran ke lebih banyak bisnis online dengan peningkatan kerja jarak jauh selama virus korona dan ketika pandemi telah melanda keuangan pemerintah.

Di antara perusahaan yang disebutkan pada hari Selasa adalah situs jaringan bisnis LinkedIn Singapura, dua unit Twitter, Skype Communications, Zoom Video Communications, penyedia antivirus McAfee Ireland, dan Microsoft Ireland Operations.

Kantor pajak Indonesia juga memasukkan pengembang game Mojang AB, platform streaming Novi Digital Entertainment dan PCCW Vuclip (Singapura) ke dalam daftar, serta pasar digital Jingdong Indonesia Pertama dan Shopee International Indonesia.

Perusahaan harus mulai mengenakan PPN kepada pengiklan dan pelanggan lain mulai 1 Oktober.

Perusahaan tidak segera bersedia memberikan komentar.

Di bawah aturan yang diperkenalkan awal tahun ini, perusahaan asing non-residen yang menghasilkan penjualan tahunan setidaknya Rp 600 juta untuk produk dan layanan digital di Indonesia dari setidaknya 12.000 pengguna diharuskan membayar PPN.

Indonesia, negara terpadat keempat di dunia dengan populasi hampir 270 juta, mengalami ledakan ekonomi digital yang diperkirakan akan mencapai $.130 miliar pada tahun 2025, sebuah studi oleh Google, Temasek Holdings dan Bain & Company yang telah memprediksi.

Mau Dapat Uang? Tulis artikel dan dapatkan penghasilan tambahan dari setiap artikel yang kamu tulis

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f