Saran untuk diikuti

Trending

#official 2 Artikel
#konservatif 1 Artikel
#platform 1 Artikel
#ResidentEvil 1 Artikel
#moderat 1 Artikel
#cerita 1 Artikel
#Blog 1 Artikel
#Barang 1 Artikel
#seo 1 Artikel
#tokoonline 1 Artikel
Hot Ketika B.J Habibie Memimpin Indonesia

Ketika B.J Habibie Memimpin Indonesia

Bacharuddin Jusuf Habibie, adalah orang nomor 1 di Indonesia setelah kejatuhan orde baru. Kemarin aku sudah ngebahas Soeharto, dan kini aku

Tips Cara Merawat Mobil Matic Ternyata Tidak Sulit

Blog Otomotif
Blog Otomotif @blogotomotif | Feb 2, 2021

Mobil matic sekarang menjadi mobil yang paling banyak dipilih dan digemari, sebab cara merawat mobil matic tidak sulit. Mobil matic mudah digunakan dan memiliki kesan lebih praktis daripada mobil yang menggunakan transmisi manual. Transmisi mobil dibedakan 2, yaitu tansmisi manual dan matic/otomatis.

Mengetahui perawatan mobil matic akan membantu dalam memahami hal-hal yang perlu dilakukan supaya mobil matic tetap baik dan awet. Maintenance atau perawatan yang juga dilakukan sendiri pemilik mobil setidaknya membantu dalam mengetahui bagian mesin, hal itu memiliki manfaat besar.

 

Cara Merawat Mobil Metic

Perawatan rutin pada mobil matic sangatlah penting untuk menjaga kondisi dan performa mobil dalam keadaan baik. serta memberikan rasa aman dan nyaman. Merawat mobil matic tidak sulit asalkan rutin melakukan servis dan mengetahui perpindahan tuas transmisi dengan benar. Berikut tips cara merawat mobil matic:

1. Servis Rutin

Servis mobil tidak dilakukan akan berdampak pada kondisi mobil tidak prima. Bahkan mengakibatkan sering mogok. Dengan melakukan servis rutin pasti akan mengetahui kondisi terupdate dan bisa segera ditangani jika ada permasalahan. Jadi, servis rutin sangat diperlukan agar mobil matic dalam kondisi aman dan nyaman saat dipakai berkendara.

2. Warming up (Pemanasan Mobil)

Cara merawat mobil matic agar kesehatan terjaga maka, sebelum memakai terlebih dulu dilakukan warming up atau pemanasan mobil agar mesin mobil tetap awet. Pemanasan mobil bertujuan untuk menyesuaikan suhu udara dan memacu mesin-mesin serta meratakan sirkulasi ke keseluruhan sistem pada mobil matic, Mobil matic yang jarang dipanaskan akan mengalami gangguan pada mesin.

Pada waktu warming upmobil matic yang benar dengan menyalakan mobil tetapi persneling posisi N (Netral) dan tanpa menghidupkan AC kurang lebih 2 sampai 3 menit. Pemanasan mobil tidak terlalu dalam menginjak gas. Setelah 2 hingga 3 menit pemanasan baru boleh menghidupkan AC

3. Test Driver(Uji Jalan)

Membiarkan mobil matic berdiam/mogok di garasi ternyata tidak baik untuk kondisi mobil. Melakukan Test Drive atau berkeliling disekitar rumah sebagai cara merawat mobil matic akan membantu performa tetap baik. Test Drivebertujuan mencegah oli beku dan membuat semua sistem dalam kendaraan akan bekerja serta berfungsi penuh. Test Drive akan menjaga kemampuan mobil saat dioperasikan.

4. Cek dan Ganti Oli

Mesin berfungsi dengan baik apabila selalu dicek dan diganti olinya. Oli befungsi sebagai pelumas mesin akan membantu saat mobil dihidupkan, mesin akan berjalan dan berfungsi optimal. Pergunakan oli yang khusus untuk mobil matic dan melakukan pergantian oli jika jarak tempuh sudah mencapai 80 ribu KM hingga 100 ribu KM.

Peran oli dalam cara merawat mobil matic, antara lain untuk meredam gesekan antar komponen mesin mobil, mendinginkan mesin, menyaring kotoran, dan mencegah karat. Terlebih ketika usai melewati banjir, segera ganti oli transmisi untuk mencegah kerusakan gearbox mesin.

5. Tepat Pergunakan Persneling

Salah satu perawatan mobil matic yang benar supaya kinerja mobil tetap awet, yaitu pada waktu macet atau di lampu merah dan mobil dalam keadaan menyala, maka pindahkan persneling ke posisi N (Netral) dan angkat rem tangan. Saat parkir pindahkan persneling pada posisi D (Drive) lalu langsung matikan mesin mobil. Namun, pindahkan tuas transmisi pada posisi P (Parking).

6. Perhatikan Kinerja Kendaraan dan Transmisi

Apabila suara mesin mobil matic terasa aneh dan mengeluarkan bunyi yang tidak wajar,cara merawat mobil matic dengan segera periksa ke bengkel agar tidak semakin parah. Cek persneling/tuas transmisi dengan cara posisikan transmisi di D/R lalu lepaskan rem. Jika, mobil langsung bergerak berarti kinerja transmisi mobil tidak bermasalah.

Menginginkan performa mobil tetap bagus tentu dengan cara merawat mobil matic secara rutin sangatlah penting. Mobil matic terawat dengan baik akan terasa aman dan nyaman apabila berkendara. Semoga ulasan tips di atas bisa menjadi referensi dalam merawat mobil matic.

#mobilmetic #merawatmobilmetic #blogotomotif

Sumber: https://www.blogotomotif.info/2020/10/tips-cara-merawat-mobil-matic-ternyata.html

Artikel Pilihan

Hot Kebijakan Monetisasi dan Konten

Kebijakan Monetisasi dan Konten

Ini adalah kebijakan tentang monetisasi dan konten di Mixnot, dokumen ini merupakan bagian dokumen syarat dan ketentuan.Berikut poin-poin ke