INSIDEN DINSYAWAY (JUNI 1906)

INSIDEN DINSYAWAY (JUNI 1906)

Di antara catatan kelam penjajah Inggris di Mesir adalah peristiwa Dinsyaway. Bermula dari sekelompok tentara Inggris yang menembaki merpati peliharaan penduduk. Para penduduk desa pun memprotes tentara Inggris. Protes tersebut direspon Inggris dengan mengeluarkan tembakan yang sampai menewaskan putri imam masjid di desa tadi.



Protes penduduk berubah menjadi kerusuhan sehingga menyebabkan tewasnya tentara kolonial Inggris.



Inggris kemudian menangkapi para penduduk. Di pengadilan yang dipimpin oleh Boutros Ghali, seorang Kristen Koptik yang diangkat menjadi hakim, beberapa orang penduduk dihukum gantung. Sebagian lagi dicambuk dan dihukum kerja paksa.

Hukuman yang diberikan cukup ekstrim, di mana mereka digantung di depan rumah rumah mereka, untuk menunjukkan kepada penduduk bahwa inilah akibat kalau berani buat urusan dengan tentara Inggris.



Buthros Gali yang menjadi hakim di persidangan, kemudian hari diangkat menjadi Perdana Menteri. Cucunya yang bernama sama pernah menjabat sebagai Sekjen PBB. Buthros Burhros Gali.

#Sejarah #dinsyaway

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f