Saat Istana Negara Jadi Sasaran Pesawat Tempur

Saat Istana Negara Jadi Sasaran Pesawat Tempur

Istana Negara Republik Indonesia pernah menjadi sasaran aksi penyerangan. Peristiwa terjadi siang hari pada 9 Maret 1960 silam. 

Pesawat jenis Mikoyan-Gurevich MiG-17F terbang rendah dengan kecepatan tinggi dari arah tenggara menuju Istana Negara sambil memuntahkan serentetan tembakan dengan peluru kanon 23mm. Beberapa orang yang berada di sekitar Istana Negara pun terluka. Bahkan, tembakan itu menyasar ke lokasi dekat dengan meja kerja Soekarno.

Pesawat milik Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI), sekarang bernama TNI AU, yang melakukan penyerangan itu ternyata dipiloti anggota AURI berpangkat Letnan II Penerbang Daniel Alexander Maukar yang dijuluki Tiger dengan nomor pesawat 1112.

Motif penembakan ini ada beberapa versi, mulai dari hubungan asmara, keterlibatan agen intelijen Amerika Serikat yaitu Central Intelligence Agency (CIA) hingga protes adanya kesenjangan daerah.

berdasarkan pengakuan Daniel, penyerangan ke Istana Negara sengaja dilakukan karena kecewa terhadap cara Soekarno menumpas gerakan Permesta. Namun berkat upaya beberapa pihak, Soekarno akhirnya mengampuni Daniel dari ancaman hukuman mati.

Soekarno mengetahui idealisme perjuangan Daniel sebagai anak muda telah ditunggangi beberapa kepentingan. Soekarno juga sangat memahami bahwa Daniel tidak pernah berniat ingin membunuhnya.

Daniel kemudian dibebaskan tahun 1968 era Soeharto dan meninggal pada tahun 2007 pada usian 76 tahun.

#Soekarno #istana #cia #DanielAlexanderMaukar

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f