5 Negara Terkecil di Dunia

5 Negara Terkecil di Dunia

Bumi yang dihuni saat ini memang terbagi menjadi berbagai macam daratan dengan kepemilikan atas negara yang berbeda-beda. Tentunya setiap negara pun memiliki luas wilayah yang tak sama. Ada negara dengan luas wilayah yang besar, bahkan ada pula yang memiliki luas wilayah ya yung mungil dan terbatas. 

Jika kamu berminat berlibur ke nega yukra yang tak biasa, kamu dapat mengunjungi beberapa negara mungil yang berikut ini. 

1. Kerajaan Sealand

Mungkin kamu tak akan menyangka bahwa ada sebuah negara di dunia yang hanya memiliki luas sebesar 25.000 meter saja. Bahkan negara ini pun memiliki kamar berjumlah 30.

Kerajaan ini didirikan di bekas benteng pada 2 September 1967 oleh Roy Bates dan istrinya, yaitu Joan. Uniknya lagi, negara ini memiliki paspor dan mata uangnya sendiri. 

2. Vatikan

Mungkin kamu pernah mendengar nama Vatikan sebagai salah satu negara di dunia. Daratan yang hanya memiliki luas 0.44 kilometer ini menjadi tujuan destinasi bagi umat Kristiani khususnya.

Jika kamu berkunjung ke sana, maka akan terlihat tembok-tembok sebagai penanda akan batas negara wilayah tersebut. Meski mungil, Vatikan memiliki gereja terbesar di dunia, yaitu St. Peter's Basilica. 

3. San Marino

Salah satu negara mungil yang merupakan tetangga dari Italia ini ternyata juga memiliki keunikan tersendiri. Meski tak seluas negara lainnya, San Marino justru mendapatkan julukan sebagai negara konstitusional tertua yang ada di dunia.

Diketahui bahwa San Marino didirikan pada 3 September 301 oleh Santo Marinus, seorang tukang batu yang berasal dari Pulau Rab, Italia. 

4. Pulau Marshall

Sebagai salah satu negara terkecil yang ada di dunia, Pulau Marshall yang terletak di Lautan Pasifik ini juga tak luput dari destinasi menariknya. Meski hanya memiliki luas 181 kilometer persegi, namun letaknya di tengah lautan membuat wisata pantai yang ada di negara ini sangat menarik.

Beberapa destinasi wisatanya yaitu Amo Atoll dan Pulau Ebeye. 

5. Maladewa

Siapa yang tak mengenal Maladewa? Negara yang populer dengan sebutan Maldives ini merupakan salah satu destinasi paling menarik dan memukau mata untuk urusan pantainya. Sering dijadikan objek bulan madu, negara dengan wilayah 300 kilometer persegi ini memiliki 1.192 pulau.

Beberapa negara di atas meski tak memiliki luas wilayah yang besar, namun beberapa di antaranya juga mampu menyajikan pemandangan dan destinasi yang tak biasa.

#informasi #Pengetahuan

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f