7 Kelainan Nafsu Makan yang Aneh

7 Kelainan Nafsu Makan yang Aneh

Gangguan makan adalah satu kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami “masalah” terhadap kebiasaan  makanan.Orang yang mengalami gangguan makan memiliki kebiasaan makan yang berbeda dari orang normal. Berikut ini adalah 7 kelainan nafsu makan yang aneh:

1. Anoreksia

Anoreksia atau lebih jelasnya adalah anoreksia nervosa adalah gangguan makan yang ditandai dengan rasa takut yang berlebihan bila berat badan bertambah, dan gangguan persepsi pada bentuk tubuh.Penderita anoreksia biasanya terobsesi untuk memiliki tubuh kurus, dan melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal menurut mereka.Gangguan ini bisa berbahaya karena penderita akan melakukan diet terus menerus walaupun tubuhnya sudah sangat kurus. 

2.Makan pilih pilih

Gangguan makan pilih pilih atau disebut dengan Selective Eating Disorder (SED) adalah kondisi dimana seseorang tidak menyukai jenis makanan tertentu.Ada beberapa penyebab seseorang mengalami gangguan ini,namun yang paling sering adalah karena pengalaman buruk dengan jenis makanan yang tidak disukai tersebut.Gangguan ini biasanya diderita oleh anak anak.Walaupun begitu gangguan ini tidak berbahaya dan bisa disembuhkan dengan mudah.

3. Selalu makan tengah malam

Night Eating Syndrome atau biasa disingkat NES adalah suatu gangguan makan yang ditandai dengan tertundanya ritme sirkadian (irama tubuh) yang mengatur jam makan.Tanda gangguan ini adalah penderitanya akan selalu teringat untuk makan pada tengah malam dan biasanya tidak terlalu lapar di luar tengah malam.Penderita gangguan ini kadang juga dapat menunda jam makan pertama mereka hingga berjam jam.Orang dengan gangguan ini juga biasanya memiliki masalah pada tidurnya.

4. Makan banyak lalu dimuntahkan

Bulimia atau bulimia nervosa adalah gangguan makan yang ditandai dengan perilaku seseorang yang mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan yang kemudian diikuti dengan rasa bersalah atau menyesal karena ia telah kehilangan kendali. Akibatnya, penderita bulimia akan langsung mengeluarkan kembali makanan dari perutnya, baik itu dengan muntah atau buang air besar yang dirangsang oleh penggunaan obat pencahar.Bulimia adalah gangguan makan yang berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa.

5. Makan terus menerus dan berlebihan

Penderita gangguan ini akan makan dengan cepat dan dalam porsi sangat banyak, meski tidak lapar. Penderita sering kehilangan kendali diri saat makan.Akibatnya, penderita gangguan ini bisa saja memiliki berat badan berlebih atau obesitas. 

6. Memakan benda yang bukan makanan

Gangguan yang disebut dengan Pica ini adalah suatu gangguan dimana penderitanya akan mengkonsumsi benda-benda atau zat-zat yang bukan makanan dan tidak bernutrisi secara terus-menerus selama setidaknya satu bulan pada usia yang tidak sesuai dengan perkembangan. Penderita gangguan ini sangat rentan mengalami keracunan,infeksi usus atau saluran cerna.

7. Kanibalisme

Adalah suatu gangguan dimana penderita terobsesi memakan daging makhluk sejenisnya.Kanibal tidak selalu identik dengan gangguan jiwa tapi bisa juga gangguan nafsu makan dimana nafsu makan penderitanya adalah pada sesama spesiesnya.Kanibal tidak hanya terjadi pada manusia tapi juga hewan.Pengidap gangguan ini bahkan ada juga yang bisa sampai memakan bagian tubuh dirinya sendiri.

#penyakit #unik #informasi

Mau Dapat Uang? Tulis artikel dan dapatkan penghasilan tambahan dari setiap artikel yang kamu tulis

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f