Monetisasi Artikel? Dapatkan penghasilan dari setiap artikel yang kamu tulis di Mixnot.com

Sebab Timor Leste Menjadi Negara Termiskin

Sebab Timor Leste Menjadi Negara Termiskin

Timor Leste sudah 20 tahun merdeka dari Indonesia, meski kemerdekaan yang diharapkan bisa mengangkat martabat dan kesejahteraan rakyat Timor Leste justru kenyataannya terbalik.

Timor Leste sampai detik ini masih menjadi negara yang tertinggal dan bahkan digolongkan sebagai salah satu negara termiskin di Dunia.

Jika mau dilihat lebih dalam ada beberapa faktor kenapa Timor Leste bisa menjadi negara termiskin di Dunia, berikut beberapa sebab yang menurut kami menjadi penyebabanya.

Miskin Dari Sananya

Timor Leste adalah negara yang selama sekian ratus tahun di bawah jajahan Portugis, menyedihkannya Portugies hanya mengeksploitasi negara tersebut, bahkan Timor Lester sama sekali tidak diperhatikan oleh Portugis, ini berbeda jauh dengan negara-negara jajahan Eropa lainnya, di mana negara kolonial sedikit banyak membangun negara jajahanya.

Walaupun pembangunan tersebut tidak pernah dimaksudkan untuk mensejahterakan negara koloninya negara penjajah Eropa lainnnya membangun negara yang menjadi jajahannya dalam rangka memperkuat benteng, memperkuat jalus distribusi barang/dagang dan membangun barak-barak militer.

Seperti Belanda yang membangun beberapa kota di Indonesia seperti Batavia, Bandung,dll. Atau Inggris yang membangun Singapura, Malaysia dan India.

Lain sekali dengan Protugies mereka memaksa negara jajahnanya untuk berbudaya, berbahasa serta beragama seperti mereka akan tetapi kesejahteraan dan pembanguna sama sekali tidak.

Timor Leste Saat pertama kali masuk menjadi bagian dari NKRI mereka hanya memiliki jalan beraspal sepanjang 30 KM saja.

Miskin Sumber Daya Alam

Satu-satunya sumber kekayaan alam negara Timur itu adalah minyak, sayangnya minyak yang mereka miliki pun harus berbagi hasil dengan Australia sebagai balas jasa terhadap negara kanguru tersebut yang dianggap telah berjasa memerdekakan mereka dari Indonesia.

Timor Leste tidak memiliki sumber kekayaan alam lainnya, bahkan tanah mereka pun tandus, air bersih sulit di dapat, pertanian pun sukar. Inilah salah satu sebab negara ini pernah mengalami kelaparan yang sangat parah.

Perpecahan Antar Kelompok dan Politik

Sejak belum genap 10 tahun merdeka negara ini sudah dirongrong pemberontakan, salah pemberontakan terbesar di Pimpin Oleh Jendral Mayor Alfredo Reinado.

Selain perpecahan yang diwarnai konflik bersenjata, negara ini juga terus-menerus mengalami konflik politik. Sebagai negara parlementer, antar partai dan golongan saling bersaing mementingkan kelompoknya sendiri, sehingga mereka saling boikot yang membuat pemerintahan mereka berkali-kali lumpuh.

Xanana Gusmao sebagai tokoh pejuang kemerdekaan Timor Leste berkali-kali berusaha menyatukan Timor Leste paca kemerdekaan bahkan selalu memberi contoh dan Teladan, namun tabiat terpecah belah sukar menyatukan elit politik Timor Leste. Timor Leste perlu kesadaran dan simbol persatuan.

Pendidikan Yang Rendah

Selama sekian tahun dibawah penjahan Portugis, Timor Leste benar-benar dimiskinkan dan dibuat bodoh, sangat sedikit rakyat Timor Leste yang bisa bersekolah di masa kolonial.

Kenyataan ini ditambah semakin buruk dan runyam saat Timor Leste bergabung dengan Indonesia, karena konflik tak berkesudahan, keamanan sangat langka di sana, sehingga pendidikan sangat sulit diakses masyarakat.

Akibatnya Timor Leste memiliki kualitas Sumber Daya Manusia yang sangat rendah.

Lebih Cinta Portugis

Ini kesan yang bisa kita lihat, meski Portugis adalah penjajah, yang telah memecah rakyat Timor Leste dengan rakyat flores dan NTT yang satu suku, satu rumpun, akan tetapi sepertinya mayoritas rakyat Timor Leste lebih cinta Portugis ketimbang tanah air mereka sendiri.

Ini terbukti dari menyatunya budaya mereka dengan budaya Portugis, kita bisa lihat dari nama mereka menggunakan nama-nama yang khas nama-nama Portugis.

Bahasa yang mereka gunakan sebagai bahasa Nasional juga bahasa Portugis, mungkin ini akibat kesamaan budaya mereka, yang mana dahulu nenek moyang mereka dipaksa mengikuti budaya Portugis akibatnya jadi diri mereka hilang.

Kesan mereka sangat cinta Portugis tidak hanya dari budaya, yang paling nampak adalah dari politik mereka, sejak era perjuangan meraih kemerdekaan, mereka melobi Portugal untuk mendukung kemerdekaan mereka dari Indonesia.

Bahkan Jose Ramos Horta, mantan Presiden Timor Leste berjuang secara diplomasi dari Negara Portugal selama 25 tahun lebih.

Dan anehnya selama dalam penjajahan Portugis, tak ada satu pun aksi rakyat Timor Leste yang berjuang melawan Portugis atau berjuan meraih kemederkaan dari Portugis, ini berbeda dengan negara-negara yang dijajah umumnya seperti Indonesia berjuang meraih kemerdekaan dari Belanda, Malaysia berjuang dari Inggris, India berjuang dari Inggris.

Timor Leste sma sekali tidak pernah berjuang dari Portugal, justru aksi perjuangan mereka meraih kemedekaan pertama kali adalah sejak Timor Leste masuk ke Indonesia. Dan yang berjuang itu adalah para mantan militer Timor Potugies serta para keturunan Portugis.

#TimorLeste #Portugis #Kolonial

Mau Dapat Uang? Tulis artikel dan dapatkan penghasilan tambahan dari setiap artikel yang kamu tulis

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f