Tantangan menjadi seorang kakak :

Tantangan menjadi seorang kakak :

Sebagai seorang kakak, anak pertama dari dua bersaudara memang menjadi anak pertama sekaligus seorang kakak bukanlah hal yang mudah. Karena banyak sekali nilai-nilai keluarga yang sudah mulai diturunkan kepada kita sekaligus tanggung jawab yang secara tidak langsung menjadi banyak.

Tantangan menjadi seorang kakak :

1. Mampu mencontoh dan menasihati secara baik, benar dan bijak, menangani rasa cemburu terhadap adiknya, ketidakcocokan kepribadian antara kakak dan adiknya.

2. Harapan dari orang tua untuk menjadi dewasa, mandiri dan panutan, menjaga persaudaraan dengan baik agar tidak ada perselisihan dikemudian hari.

Hal yang sederhana seperti dulu diminta tolong membereskan kamar adiknya, mengantar adik pergi sekolah atau les, menemani sekaligus menjaganya di rumah saat orangtua ada urusan. 

Jadi anak pertama memang mengharuskan tangan terisi banyak tanggung jawab. Rasanya mungkin merepotkan! Tapi sebenarnya dari tanggung jawab ini bisa belajar untuk lebih mandiri dan dewasa.

3. Belajar mengalah untuk sang adik, berkorban lebih banyak, bisa memberikan pemahaman agar adik tidak manja dan sayang keluarga.

4. Menjaga, melindungi, mengajari serta memperhatikan adik dalam hal Agama, pendidikan, serta lingkungannya dan banyak hal lagi.

Mungkin ini adalah sebagian hal yang menjadi tantangan menjadi seorang kakak. Walau kadang kita sebagai kakak, suka bersikap cuek tentang apa yang adik kita jalani atau lakukan.

Ah.... berada di dalam satu rumah dengannya memiliki nuansa yang beraneka ragam, ibarat seperti Tom dan Jerry. Begitu banyak rasa yang bisa dinikmati bersama mereka. 

Adakalanya mereka benar-benar nakal dan bandel, sehingga hati ini benar-benar dibuat marah oleh mereka, ketika benar-benar marah oleh tingkah mereka.

Kadang mereka menjengkelkan juga, saat ada masalah yang diperbuat di adukan kepada kedua orang tua. Ketika orang tua marah, mereka malah kegirangan dan senyum manis melihat kita dimarahi.

Terlepas dari semua itu, saat mereka tidak ada disisi, terasa hampa, kosong, dan merasakan kesepian. 

Banyak juga orang lain yang Saya temui, berkorban secara tenaga dan materi agar adik bisa berhasil dan hidup enak. Hal-hal seperti ini yang sebenarnya membuat seorang kakak menjadi penuh tantangan namun bisa menjadi kakak yang baik dan bijaksana untuk keluarga.

***

Dik, teruslah melangkah, percayalah pada impian terbesarmu, dan banyak-banyaklah berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, dan berbaktilah kepada Ayah dan Ibumu, yakin bahwa perjuanganmu akan berbuah manis, kamu akan memanen dan menikmati hasil dengan penuh syukur. Biidznillah.

Dan bagi teman-teman yang memiliki adik, semoga pengharapanku yang sederhana ini bisa membuatmu tahu, bahwa kehadiran makhluk yang lebih muda darimu ini sangat berharga. Dia berhak bahagia, meski kepahitan telah dirasakan terlebih dulu oleh kakaknya.

#kaka #keluarga #anak

Mau Dapat Uang? Tulis artikel dan dapatkan penghasilan tambahan dari setiap artikel yang kamu tulis

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f