Monetisasi Artikel? Dapatkan penghasilan dari setiap artikel yang kamu tulis di Mixnot.com

Sering Kerokan? Ini 5 Fakta Kerokan yang Harus Kamu Tahu

Sering Kerokan? Ini 5 Fakta Kerokan yang Harus Kamu Tahu

Kerokan merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang diturunkan oleh nenek moyang. Sebagian masyarakat memercayai bahwa kerokan dapat menyembuhkan dari masuk angin, mual, dan tidak enak badan.

Umumnya, kerokan dilakukan dengan menggunakan minyak-minyakan atau balsem dan uang koin, kemudian menggosokannya secara perlahan di area punggung. Garis-garis yang berwarna merah diyakini sebagai penunjuk tingkat keparahan penderita.

Banyak orang yang merasa puas ketika masuk angin, kemudian melakukan kerokan. Badan menjadi lebih enak dan ringan setelah dikerok sampai merah.

Apakah kamu salah satu orang yang sering kerokan ketika masuk angin? Kerokan memiliki beberapa fakta menarik loh. Yuk, intip 5 fakta tentang kerokan di bawah ini.

Dapat menyebabkan stroke

Kerokan yang dilakukan di daerah leher dapat mengakibatkan stroke. Hal itu terjadi karena di leher banyak syaraf yang terhubung ke otak. Apabila terganggu, maka otak menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Bakteri dan virus mudah masuk ke dalam tubuh

Saat kulit dikerok, maka pori-porinya akan membuka. Pori-pori yang terbuka dapat membuat bakteri dan virus mudah masuk ke dalam tubuh. Makin lebar pori-porinya, makin tinggi pula kemungkinannya.

Bentuk aplikasi dari teori Einstein

Teori Einstein yang populer adalah E=MC² di mana pergesekan antara dua benda akan membentuk energi. Sebagaimana kerokan yang menggesekkan antara koin dan kulit dapat membentuk energi panas. Oleh karena itu, setelah kerokan tubuh akan menjadi lebih hangat.

Meningkatkan risiko bayi prematur

Kerokan yang dilakukan pada ibu hamil akan memunculkan zat prostaglandin yang dapat memicu kontraksi dini, sehingga menyebabkan bayi lahir secara prematur. Sebaiknya, ibu hamil tidak melakukan aktivitas kerokan untuk meredakan masuk angin.

Dilakukan juga di negara lain

Ternyata kerokan tidak hanya dilakukan di Indonesia saja. Negara China, Vietnam, Laos, dan Kamboja pun mengenal tradisi tersebut, meskipun menggunakan alat yang berbeda. Penamaan tradisi kerokan di negara lain pun berbeda-beda.

Nah, itulah 5 fakta menarik tentang kerokan. Meskipun ada sisi baik dan buruknya, kamu tetap harus berhati-hati ya!

#informasi #kesehatan #faktaunik #faktamenarik

Mau Dapat Uang? Tulis artikel dan dapatkan penghasilan tambahan dari setiap artikel yang kamu tulis

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f