Merdeka, Apakah Benar Kita Sudah Merdeka?

Merdeka, Apakah Benar Kita Sudah Merdeka?

Dirgahayu Indonesia ke-75

Tepat 17 Agustus 1945 para pahlawan memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia. Banyak darah dan keringat telah dikorbankan, demi membebaskan Indonesia dari para penjajah yang melukai jiwa dan raga.

Kini, Indonesia telah merdeka. Bagai seekor burung yang berhasil lepas dari sangkar, dengan bebas mengepakkan sayap, terbang berkelana untuk menemukan jati dirinya.

Namun, apakah benar kita telah merdeka?

Saat melihat anak-anak kecil yang seharusnya memakai seragam sekolah dan mengenyam pendidikan dengan layak justru sedang mengamen di jalanan untuk mencari sesuap nasi, aku menggeleng tidak.

Saat melihat banyak kaum miskin yang kelaparan karena sulitnya perekonomiannya, bahkan hanya untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, aku menggeleng tidak.

Saat banyak rakyat yang merasa terdiskriminasi dan terintimidasi oleh para elite penguasa yang egois memenangkan kepentingannya sendiri, aku menggeleng tidak.

Saat banyaknya korupsi yang merajalela tanpa memerhatikan hak dan nasib rakyatnya, aku menggeleng tidak.

Saat diri sendiri tidak bisa terbebas atas bullian dan cibiran orang lain yang terus menuntut seperti yang mereka mau, aku menggeleng tidak.

Masih banyak alasan mengapa kita belum bisa merdeka sepenuhnya.

Hari kemerdakaan ini hendaknya menjadi semangat bagi diri sendiri untuk terus berdiri membela hak-hak setiap rakyat. Menempatkannya selayaknya manusia yang membutuhkan kasih sayang dan pengakuan.

Siapa orang lebih jahat daripada orang yang mengkhianati perjuangan para pahlawan?

Merdeka

Kemerdekaan adalah hak setiap rakyat Indonesia



#DirgahayuIndonesia #HUTRI #merdeka









Mau Dapat Uang? Tulis artikel dan dapatkan penghasilan tambahan dari setiap artikel yang kamu tulis

Komentar (1)

mahasiswa

mahasiswa · Aug 17, 2020

Yaps, seperti kata soekarno duluSoekarno yang paling dikenang adalah, "Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri."

Noctural

Noctural · Aug 17, 2020

iyaa, tetap semangatsalam hangat, terima kasih sudah membaca :)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f