Cara Instal Windows XP

Cara Instal Windows XP

Sebelum Mulai Membaca, Alangkah Baiknya Bacalah BASMALAH



TIPS UNTUK INSTALL WINDOWS XP BESERTA GAMBARNYA



Menurut kebanyakan orang install komputer/laptop itu susah, sehingga mereka harus mencari teknisi komputer untuk install komputer/laptopnya dan harus mengeluarkan uang lumayan besar untuk installan tersebut. Kalau menurut saya untuk install itu tidak susah bahkan kita bisa melakukannya sendirian dengan hanya bermodal kaset CD WINDOWS XP yang banyak dijual di pinggir jalan dan harganya pun sangat murah.

Disini saya akan memberitahu kepada rekan pembaca cara install komputer/laptopnya sendiri, yang pertama kita harus setting atau mengatur bios komputer/laptop dengan cara kita hidupkan komputer/laptop lalu kita tekan Del berkali-kali untuk Komputer dan kita tekan F2 untuk Laptop. Setelah muncul Biosnya kita cari menu Boot setelah itu kita atur CD Room/DVD Room keposisi paling atas dan hardisk posisi kedua biasanya settingan ini kebanyakan pada komputer dan untuk dilaptop berbeda lagi, biasanya kalau dilaptop kita tinggal centang/ceklis aja dan mengapus centang/ceklis selain CD/DVD Room, setelah itu simpan settingan tersebut dengan menekan tombol F10 atau untuk laptop kita klik aja tulisan save (menyimpan) maka otomatis komputer/.laptop merestart (mati tiba-tiba dan hidup kembali)

Untuk rekan pembaca bukan saya tidak mau untuk menampilkan gambar pada settingan bios tersebut karena setiap settingan bios itu berbeda pada setiap komputer dan laptop. Kuncinya setelah masuk bios silahkan cari bacaan BOOT. Kalau pembaca kurang mengerti dalam mengatur bios tersebut silahkan hubungi saya langsung untuk minta penjelasannya. Inilah Tahap 1 untuk proses install ulang Komputer/laptop

Oke… Bro…mari kita lakukan Tahap 2 untuk proses install selanjutnya, setelah settingan bios selesai maka laptop/komputer merestart, lalu muncul tulisan press any key maka langsung kita tekan ENTER seperti gambar dibawah ini.



Warning : Tekan Enter pada tulisan Press any key hanya dilakukan 1 kali dalam proses install.





Setelah ditekan Enter maka muncul layar biru yang diatasnya ada tulisan WINDOWS SETUP. Ini disebut proses windows mengekstrak maksudnya windows membaca komponen yang ada di seluruh komputer/laptop. Kalau bahasa mudahnya windows dan komponen komputer/laptop saling berkenalan sebelum mereka bersatu dalam proses install nanti. Kita tunggu beberapa saat untuk proses selanjunya.





Setelah itu muncul tulisan pemberitahuan dalam bahasa Inggris “Welcome to Setup…bla…bla…bla….” Kalau saya artikan kurang lebih begini maksudnya bro…

-         Untuk menginstall tekan Enter (Continiu/Melanjutkan)

-         Untuk memperbaiki tekan R (Repair/Memperbaiki)

-         Kalau gak jadi install tekan F3 (Quit/Keluar)

Tindakan kita tekan Enter untuk melanjutkan penginstallan

Warning : Windows Harus Di Install Bukan Diperbaiki, Dibanting Atau Di Rendam Air



Setelah kita tekan enter muncul tulisan bahasa Inggris yang lumayan banyak…(waduh...waduh…??!!!) gak usah bingung dan gak usah diartikan satu persatu (capek deh) karena itu hanya sekedar pemberitahuan. Dari sekian banyak tulisan tersebut kesimpulannya windows itu hanya minta persetujuan aja kok untuk bisa masuk ke komputer/laptop yang mau kita install. Agreement artinya persetujuan maka kita tekan f8=agree atau setuju untuk proses selanjutnya. Awas jangan salah tekan kalau bro tekan maka bro mengusir windows dan install pun gagal…..Lebih jelasnya lihat gambar berikut…



Selanjutnya muncul menu partisi, tapi sebelum saya jelasin menu partisi ada lagi sebenarnya sebelum menu partisi muncul yaitu menu Repair, Menu repair hanya berlaku kalau kita install ulang Komputer/laptop..untuk Komputer/laptop yang baru atau baru pertama kali install menu Repair tidak akan muncul tetapi langsung menu partisi (lihat gambar). Untuk install ulang yang ada menu repairnya kita harus menghapus dahulu data dipartisi C dengan cara menekan D (Delete/menghapus) lalu Enter selanjutnya muncul tulisan mongkonfirmasi ulang untuk meyakinkan lagi bahwa kita benar-benar ingin menghapus partisi C tersebut dengan cara menekan L. Perlu diketahui bahwa partisi C yang lama ditandai dengan tulisan (NTPS). Selanjutnya terlihatlah bahwa partisi kita telah kosong seperti gambar dibawah ini.





Selanjutnya kita buat atau pembagian partisi dengan cara menekan tombol C (Creat) di keyboard, setelah itu kita ketik angka untuk mengisi kapasitas partisi yang akan kita buat. Hitungannya MB bukan Giga. Apabila kita mau membuat 1 partisi aja tidak perlu dimasukan lagi angka untuk kapasitas partisi, bisa langsung di Enter saja. Ingat 1 Giga = 1024 MB. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini….!!!

Warning : Partisi C harus lebih besar dari pada partisi D, E dst…..



Selanjutnya keluar menu partisi yang sudah kita buat/creat tadi yang ditandai dengan tulisan (New [raw]). Untuk menambah partisi lagi atau partisi D, E, dst… kita bisa langsung tekan tombol C (creat) lalu masukan angka untuk kapasitas partisi yang mau kita buat lagi dan tekan Enter. Partisi yang sudah dibuat lihat gambar dibawah ini



Setelah selesai bro membuat partisi C, D, E dst….. bro tinggal lanjutkan penginstallan dengan cara menekan tombol enter, sebelum tekan enter bro pindahkan dulu kursornya atau pilih partisi C untuk install windows…Ingat, untuk Install windows harus dipartisi C jangan di partisi D, C, dst…kalau dipartisi selain C windows bisa-bisa rusak bro…artinya penginstallan bisa gagal karena tidak maksimal windows bekerja.

Setelah tekan Enter dipartisi C untuk penginstallan maka keluar menu yang menanyakan kepada bro untuk pilihan proses penginstallan. Ada 4 pilihan yang pertama menghapus partisi lama dan mengintall secara cepat (Quick) dan secara biasa atau lambat. Maka kita pilih secara cepat, kalau bro pilih tulisan yang tidak ada bacaan Quick maka proses install menjadi lebih lama, berjamur nunggunya bro. Selanjutnya terlihat juga ada kode NTPS dan FAT, pasti bro bingung kan pilih yang mana. Kalau kode NTPS itu untuk penginstallan WINDOWS XP bro….sedangkan kode FAT untuk install Windows 1998. Karena kita Install Windos XP maka bro pilih aja yang paling atas tulisan yang kodenya NTPS (Quick) setelah terpilih langsung tekan Enter untuk melnjutkan.

Untuk lebih jelas lihat aja gambar nya bro….



Setelah bro tekan Enter maka muncul menu Setup is Formating, ini adalah peroses penghapusan data di partisi C yang lama. Ini dilakukan agar data Windows XP yang mau kita masukan di C bisa masuk ke Komputer/Laptop, selanjutnya tunggu sampai 100 %.



Sudah sampai 100% maka muncul menu permintaan restart, artinya kita harus tekan Enter agar Komputer/Laptop merestart. Apabila bro tidak menekan Enter maka butuh 15 detik Komputer/Laptop merestart secara otomatis. Tahap 2 pun berakhir.



Selanjutnya kita akan memasuki Tahap 3 dalam proses penginstallan Windows XP. Setelah proses restart maka akan muncul kembali tulisan Press any key. Maka kita cuekin aja tu tulisan itu jangan menekan enter lagi kalau kita tekan Enter maka proses install akan di ulang lagi ke Menu partisi…. Lihat gambar dibawah ini…

Warning : jangan tergoda untuk menekan enter pada tahap 3 ini, dalam peroses penginstallan hanya sekali saja tekan enter pada tulisan press any key yaitu pada tahap 2.



Setelah keluar menu tulisan press any key maka muncul menu gambar tampilan pertama Microsoft Windows XP seperti gambar dibawah ini.



Selanjutnya muncul menu proses penginstallan lagi, dalam proses ini kita tinggal menunggu aja dari 39 menit hitung mundur sampai 1 menit (lihat gambar dibawah). Tapi nanti dalam menit 33 maka proses penginstallan akan berhenti dan berikutnya akan dijelaskan selanjutnya kenapa installan berhenti. 



Dalam menit ke-33 maka windows akan berhenti karena disini windows akan memberitahukan bahwa ada yang harus kita isi untuk proses install sampai menit ke-1. Maka tindakan kita klik aja next untuk melanjutkan, terlihat seperti gambar dibawah ini.



Setelah kita klik Next maka akan muncul permintaan nama Komputer/Laptop kita, maka kita isi aja namanya, setelah kita isi namanya klik next. Lihat gambar….