Monetisasi Artikel? Dapatkan penghasilan dari setiap artikel yang kamu tulis di Mixnot.com

Pemadaman Listrik Terbesar di Indonesia

Pemadaman Listrik Terbesar di Indonesia

Di zaman modern ini listrik sudah menjadi kebutuhan utama. Mati lampu membuat beragam aktivitas menjadi tertunda. Di Indonesia mati listrik ini salah satunya termasuk Blackout terburuk di dunia dalam 50 tahun terakhir.



Contoh kemarin ini di wilayah Jabodetabek pemadaman listrik massal yang mengakibatkan kerugian besar antara lain :

  • Direktur pengadaan strategis II PLN Djoko Raharjo Abumanan prediksi kerugian yang ditanggung perusahaan berkisar antara Rp 90 miliar.
  • Wakil ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Sarman simanjorang memperkirakan kerugian sektor usaha dan layanan publik akibat listrik padam bisa mencapai triliunan rupiah.
  • Kerugian yang dialami PT MRT Jakarta akibat pemadaman listrik mencapai Rp 507 juta. MRT Kehilangan 52.898 penumpang selama listrik padam.
  • Ketua umum asosiasi usaha mikro, kecil dan menengah/UMKM Indonesia (akumindo) Ikhsan ingratubun mengklaim omzet UMKM ambruk hingga 75% akibat pemadaman listrik.
  • Asosiasi pengusaha ritel Indonesia (APRINDO) mencatat potensi kerugian anggota mereka akibat pemadaman listrik mencapai 90 miliar - Rp 100 miliar setiap 6 jam pemadamannya listrik.

Berikut ini kasus pemadaman listrik terbesar sejarah di Indonesia :

1. 13 April 1997

Pemadaman listrik parah terjadi di Jawa dan Bali pada 13 April 1997 pemadaman terjadinya hari serentak dimulai sekitar pukul jam 10.15 Wib hingga 3 jam kemudian. Listrik kembali padamu tentang untuk kedua kalinya pada pukul jam 17.00 - 20.00 WIB.

2. 12 September 2002

Saat itu listrik padam selama 2 hari. Pemadaman listrik terjadi akibat kerusakan jaringan transmisi saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) 500 KV Jawa-Bali. Jalur Cilegon-Cibinong-Saguling satu-satunya jaringan penghubung daya dari PLTU Paiton di Jawa Timur ke Jawa Barat terganggu.

3. 18 Agustus 2005

Pada 2005 listrik padam juga kembali terjadi di Jawa dan Bali tepatnya 18 Agustus sekitar pukul 09.00 WIB. Pasokan listrik wilayah Jawa-Bali mendadak putus. Penyebab pemadaman listrik secara serentak itu Akibat kerusakan jaringan transmisi Sutet 500 KV Saguling, Cibinong dan Cilegon. Sama halnya kasus ini pada Tanggal 12 September 2002.

4. September 2018

Peristiwa pemadaman listrik pada September 2018 terjadi di wilayah Jawa Timur insiden ini terjadi secara parsial dan hanya wilayah Jawa Timur saja yang mengalami dampak pemadaman. Pada saat itu listrik padam disinyalir akibat ada gangguan di PLTU Paiton

5. 4 Agustus 2019

Baru-baru ini listrik padam terjadi di sejumlah wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten sejak Minggu 4 Agustus 2019. Pemadaman listrik terjadi akibat kerusakan jaringan transmisi saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) 500 KV Jawa-Bali.

Nah, itulah beberapa kasus pemadaman listrik terbesar dalam sejarah Indonesia. Media asing sempat memberitakan kejadian pemadaman listrik di Indonesia.

#indonesia #listrik

Mau Dapat Uang? Tulis artikel dan dapatkan penghasilan tambahan dari setiap artikel yang kamu tulis

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f