Anda Sudah Terdaftar di BPJS, Tapi Tak Kunjung Dapat BLT? Harap Lapor Disini

Anda Sudah Terdaftar di BPJS, Tapi Tak Kunjung Dapat BLT? Harap Lapor Disini

Sesuai janji pemerintah, Bantuan Langsung Tunai (BLT) mulai dicairkan kepada masyarakat yang berhak membutuhkan.

Pencairan BLT telah dilakukan mulai Kamis 27 Agustus 2020 lalu. Namun, ketika pencairan dilakukan, ternyata menimbulkan sejumlah masalah.

Salah satunya, masih banyak pekerja yang belum dapat subsidi itu. Padahal pekerja yang tidak mendapatkan program bantuan subsidi telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Sehingga mereka merasa tidak tercatat sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan. Namun tidak mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah sebesar Rp2,4 juta. 

Karena banyak masalah tersebut terjadi, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mempersilahkan untuk menyampaikan pengaduan secara langsung kepada pihak BPJS Ketenagakerjaan.

“Biar enak daripada ngadunya ke tempat lain, langsung mendatangi Kantor BPJS (Ketenagakerjaan), kantor BPJS terdekat atau langsung kontak ke pusat. Tapi BPJS alamat yang tepat,” ujar Karo Humas Kemnaker Soes Hindharno..

Menurut Soes, calon penerima subsidi gaji juga dapat menanyakan soal status kepesertaannya kepada Kementerian Ketenagakerjaan. Pertanyaan pun bisa dilontarkan secara online melalui kanal resmi milik instansi.

“Ini ngadunya selain ke BPJS juga bisa mengadu ke Kementerian Ketenagakerjaan melalui Sisnaker, ada websitenya yaitu kemnaker.go.id,” ucapnya.

Diketahui, syarat dan kriteria calon penerima subsidi gaji Rp2,4 juta telah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020.

Syarat utama calon penerima bantuan subsidi gaji ini merupakan pekerja formal dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Ketentuan itu pun harus tercatat di data BPJS Ketenagakerjaan sebagai upah take home pay.

#kesehatan #bpjs #indonesia

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f