Semakin Banyak Harta Semakin Banyak pula Sedekah dan Amal

Semakin Banyak Harta Semakin Banyak pula Sedekah dan Amal

It's All About Mindset!

Snouck Hurgronje adalah penasehat untuk Hindia Belanda yang lahir pada tahun 1857. Dialah yang awal-awal menggagas agar orang-orang Aceh khusyuk beribadah di musholla, sementara urusan kebun-kebun serahkan saja kepada Belanda. 

Dia menanamkan pemahaman bahwa harta itu melalaikan ibadah. Jelas, ini pemahaman yang keliru!

Harta dan anak adalah ujian. Kalimat ini sebuah peringatan, bukan larangan. Artinya, kita boleh punya harta, boleh punya anak. Nggak dilarang. Harta yang banyak? Boleh juga insya Allah. Yang penting, kita bisa mempertanggung-jawabkan dari mana dan ke mana harta tersebut.

Bahkan saat wafat nanti, kita diharapkan meninggalkan 3W. Apa itu? Warisan, wasiat, dan wakaf. Itu harta semua dan jumlahnya banyak. Kita siap atau tidak, itulah kenyataannya.

Masih soal harta. Sekarang, kita lihat soal maskawin.

20 unta, inilah maskawin Nabi Muhammad kepada Khadijah. Setelah Khadijah meninggal, setelah Nabi pindah ke Madinah, beliau menikah lagi. Soal maskawin, beliau tetap mengupayakan yang terbaik. 

500 dirham, inilah maskawin Nabi Muhammad kepada Aisyah, menurut hadis riwayat Muslim. Satu dinar emas kurang-lebih setara dengan 10 dirham perak. Kalau dikonversi, 500 dirham itu sekitar Rp 40 juta. 

Baju besi buatan Huthomiyyah, inilah maskawin Ali kepada Fathimah, menurut hadis riwayat Abu Dawud. Bagi Ali, baju perang adalah sesuatu yang sangat berharga dan itulah yang ia berikan. 

Perhatikan baik-baik. Amal-amal seperti haji, umrah, akikah, kurban, zakat, sedekah, dan wakaf, itu semua memerlukan harta. Right? Belum lagi membangun rumah ibadah, rumah sakit, sekolah, dll.

Pesan Ustadz Abdul Somad, "Orang beriman dianjurkan kuat otaknya, kuat badannya, kuat ekonominya." Soal ini, silakan lihat IG. Ustadz Adi Hidayat pun menegaskan, "Lebih baik kaya masuk surga daripada miskin nggak jelas."

#motivasi #bisnis #bisnis #minsdset

Mau Dapat Uang? Tulis artikel dan dapatkan penghasilan tambahan dari setiap artikel yang kamu tulis

Komentar (0)

Top Blogger

Artikel Pilihan

Hot Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Baru: Mixpod, Mixnot Podcast. Buat Podcast di Mixnot

Halo mixnoter, kami terus berinovasi agar menjadi platform blogging nomor 1 di Indonesia.Kini kami merilis Mixpod (Mixnot Podcast) sebagai f